Garuda lego 3 Boeing 737

Selasa, 08/06/2010 18:07:26 WIB 

Garuda lego 3 Boeing 737 
Oleh: Raydion Subiantoro 

JAKARTA (Bisnis.com): PT Garuda Indonesia memutuskan untuk menjual 3 unit pesawat Boeing 737 series dari 16 unit yang akan disingkirkan (face off), seiring dengan peremajaan armada oleh maskapai tersebut. 

Elisa Lumbantoruan, Direktur Strategis dan Teknologi Informasi Garuda, mengatakan selain dijual pihaknya juga akan mengembalikan sebanyak 8 unit ke perusahaan penyewaan pesawat (lessor), dan 5 unit dihibahkan ke unit bisnis strategis Citilink. 

“Kami sedang melakukan appraisal untuk nilai jualnya. Tahap pertama lelang sebetulnya sudah dimulai dengan harga jual US$8 juta per unit, tapi rupanya harga tersebut tidak memenuhi minat calon pembeli. Jadi akan dilakukan lelang tahap kedua.” katanya hari ini. 

Dia optimistis lelang pada tahap kedua yang rencananya dilakukan pada semester II/2010 akan mendapatkan pemenang lelang. Salah satu peminat, kata dia, adalah TNI. 

Elisa mengatakan hasil dari penjualan ketiga unit pesawat itu akan digunakan untuk menambah dana pembayaran utang Garuda ke European Credit Agency (ECA). 

“Semester II kami harap bisa dilakukan, ke siapa saja yang berminat. Tapi, kalau harganya terlalu rendah, kami akan repot. Soalnya digunakan juga untuk repayment utang,” jelasnya. 

Rencana penjualan pesawat itu juga membuat Garuda kemungkinan membatalkan niatnya untuk mengoperasikan pesawat khusus kargo (freighter) berbadan sedang (narrow body). Sebelumnya, direncanakan sebanyak 16 unit pesawat yang disingkirkan, sebagian akan di alih fungsikan menjadi freighter.(htr) 

Sumber: Bisnis.Com 
http://web.bisnis.com/sektor-riil/transportasi/1id186006.html

Bagi anda yang tidak memiliki yahoo messenger/fb, silahkan post disini, tinggalin alamat email dan kami akan reply ASAP. Kami juga mengarapkan testimonial:)
EmoticonEmoticon